Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Candi Penataran Blitar yang Wajid Anda Kunjungi

Objek Wisata  Candi Penataran Blitar yang Wajid Anda Kunjungi

Tidak ada candi di Jawa Timur yang memperoleh perhatian sekitar kompleks khusus di Jawa tengah. Ini dapat dipahami karena Borbodur dan Prambanan adalah kompleks candi yang terkesan di semua Asia Tenggara. Tetapi tahukah jika ada Candi Penataran, yang selama ini sebagai candi Hindu terpenting di Jawa Timur yang sangat menarik.

Kompleks candi tersebut berada dalam suatu dusun di tepian kota Blitar. Penataran ialah lokasi yang tenang di mana kehidupan terlihat rileks dengan kecepatan yang lebih lamban dibanding mayoritas sisi dunia yang lain. Seperti apa keelokan candi yang ada di Blitar Jawa Timur ini?

Alamat Menuju Candi Penataran

Lantas bagaimanakah jalur untuk dapat sampai ke Candi Penataran? Ada 2 jalur yang dapat Kamu lewati, salah satunya ialah :

Dari Wilayah Blitar

Untuk ke arah Candi Penataran, Kamu cuman memerlukan waktu sekitaran 23 menit atau sekitaran 13,4 km. Dari pusat perkotaan Blitar, Kamu dapat pergi ambil Jl. Barito lalu mengambil arah utara ke arah Jl. Barito Selatan.

Dari Jl. Barito Selatan, tujukan kendaraan Kamu untuk belok ke kanan ke Jl. Kalibrantas selanjutnya belok ke kiri ke Jl. Ciliwung. Dari Jl. Ciliwung, beloklah ke kanan ke arah Jl. Sawunggaling. Kemudian mengemudilah ke arah Jl. Raya Penataran, lempeng saja selanjutnya belok ke kiri karena arah Kamu ada di kiri jalan.

Dari Wilayah Kediri

Sementara untuk Kamu yang pergi dari Kediri, turuti saja Jl. Raya Sumber Jiput dan Jl. Ngasinan ke Jl. Kapten Tendean di Blabak. Selanjutnya mengemudilah ke arah Jl. Raya Kediri atau umum disebutkan Jl. Raya Wates - Kediri.

Kemudian Kamu perlu pergi terus ke arah Jl. Ir. Soekarno. Dari Jl.Ir.Soekarno, Kamu dapat ambil Jl. Mojo Asri II ke arah Jl. Pasar Pacak Selorejo Blitar di Sumbersari 1. Dari Jl. Pasar Pacak Selorejo Blitar itu, lempeng saja ke arah Jl. Raya Penataran. Nach, dari jalan Raya Penataran lempeng saja dan beloklah ke kanan karena arah Kamu berada di samping kanan.

Objek Wisata  Candi Penataran

Candi Penataran sebagai salah satunya tempat rekreasi di Jawa Timur, lebih persisnya tempat rekreasi riwayat. Candi ini tawarkan banyak hal memikat buat ditelusuri, salah satunya ialah :

Tepat Di Bawah Kaki Gunung Kelud

Tepat Di Bawah Kaki Gunung Kelud

Penataran pertama kalinya dibuat di akhir era keduabelas oleh Kerajaan Kediri yang kuat. Beberapa bangsawan dan rakyat jelata Jawa sama tiba untuk menyembah Siwa dalam realisasi Hyang Acapalat, dewa gunung, dan karena itu penyembahan ini berusaha untuk menentramkan gunung berapi yang selalu meledak dengan teratur.

Karena terletak ada di segi bawah Gunung Kelud, karena itu Kamu akan rasakan situasi yang paling sejuk di candi ini. Udaranya benar-benar mempersejuk dan demikian jadi teduh karena selainnya di bawah gunung, candi ini dikitari oleh beberapa pohon-pohonan.

Situs Objek Candi Tanggal

Situs Objek Candi Tanggal

Di muka, di daerah tengah situs, ialah yang pertama dari 3 candi khusus, yang disebutkan Candi Tanggal. Sebuah batu yang diketemukan di sini berisi tanggal 1194, mengutarakan jika situs candi ini menjadi tempat pelindungan sepanjang kerajaan Kediri, perintis Singosari dan Majapahit.

Candi Penataran seutuhnya unik karena mempunyai jalinan yang kuat dengan ke-3 kerajaan Jawa Timur yang agung. Walau namanya Tanggal, susunan candi satu ini ini tidak tanggal. Nach, candi ini mempunyai lengkungan kala-makhara disekitaran pintu (pola bertopik setan yang lain) tapi didalamnya ada patung Ganesha yang baik. Ganesha ialah dewa pengetahuan berkepala gajah.

Situs Objek Candi Naga

Situs Objek Candi Naga

Candi selanjutnya yang pantas disaksikan ialah Candi Naga. Candi kecil ini tidak mempunyai atap, namun tetap pantas untuk diamati karena dekor relief yang tidak biasa di dindingnya. Candi ini dikenali sebagai Candi Naga karena dekor naga yang menghampar di atasnya.

Badan naga bersisik yang besar ini digenggam oleh figure manusia, tiga setiap seginya. Patung itu terkulai antara masing-masing figur, nyaris capai pucuk medali bundar warna cokelat kemerahan yang tertancap di tengah-tengah dinding candi. Medali ini tampilkan design relief hewan dan bunga yang cantik, dengan background ‘dedaunan' yang lembut di background.

Situs Objek Candi Jago

Situs Objek Candi Jago

Candi Jago mempunyai tiga tingkat. Pemugaran candi ini tak pernah usai dan sisi teratas darinya bergabung di tanah. Dinding ‘puncak kuil' ini dihiasi dengan penuh medali. Beberapa salah satunya masih fresh, walau saat ini telah berumur 600 tahun. Dengan dekor itu, tidaklah aneh bila candi Jago ialah yang paling eksotik.

Candi Jago dipenuhi oleh beberapa gambar satwa liar dan tanaman eksotik yang membuat pengunjung berpikiran jika Jawa di saat itu tetap sebagai pulau dengan rimba yang dipenuhi oleh gajah, harimau dan banten (semacam sapi liar). Candi ini mempunyai sepasang dwarapala.

Panduan Berkunjung Ke Candi Penataran

Siapa ngomong berekreasi di Candi Penataran dapat dilaksanakan sesenang hati? Jika Anda ingin perjalanan menyaksikan candi Hindu terluas di Jawa Timur itu berjalan mulus, harus ikuti panduan saat berkunjung Candi Penataran yang akurat. Karena, sebagai peninggalan riwayat yang diproteksi tentunya banyak poin utama yang perlu dipatuhi dan dilaksanakan sepanjang disitu, ingin tahu?

Candi bernama asli Candi Palah ini telah ada semenjak tahun 1200, dan digunakan untuk tempat menyembah dewa. Ada beberapa bagian dari tempat candi selebar 12,9 hektar ini, dimulai dari halaman muka, bagian-bagian dalam candi, halaman belakang, sampai prasasti yang tuliskan mengenai riwayat kehadiran candi ini. Anda tentunya akan dibikin terpana dengan beragam bangunan, yang ada dalam kompleks candi ini. Karena itu perlu penyiapan optimal bila ingin nikmati semua pojok tempat wisata, yang berada di Kabupaten Blitar persisnya Dusun Penataran Nglegok.

Baju Santun

Sebagai tempat suci untuk umat Hindu, telah selayaknya pengunjung memakai baju yang santun. Meskipun maksudnya cuman untuk berekreasi. Tidak boleh memakai baju terlampau seksi untuk wanita, yang cuman akan membuat ketaknyamanan.

Photo Dengan Gaya Sewajarnya

Maknanya Anda tidak boleh berfoto yang terlalu berlebih, bahkan juga condong menyepelekan beberapa spot keramat di candi ini. Misalnya mengangkangi candi atau justru gaya vulgar, cuman akan membuat beberapa orang tidak suka. Atau melonjak dalam tempat candi yang bisa jadi menghancurkan sisi bawah candi, yang pasti sangat ringkih.

Menghargai Orang Melaksanakan ibadah

Cukup banyak umat Hindu di Jawa Timur yang lakukan ritus upacara pada tempat keramat di kompleks candi. Anda harus menghargakannya, dengan turunkan intonasi suara saat berbicara. Selanjutnya tidak memaksakan masuk ke sisi candi yang digunakan melaksanakan ibadah.

Turuti Semua Ketentuan

Panduan saat berkunjung candi penataran setelah itu turuti semua ketentuan yang diterapkan. Semua dapat ditanyakan pada pengurus atau guide rekreasi yang berada di area candi, misalnya ialah jangan menghancurkan apa saja yang berada di dalam candi.

Berbicara Sopan

Tidak boleh bernada keras bahkan juga berteriak saat berada di teritori candi, upayakan berbicara dengan keluarga dengan intonasi normal. Bila ingin menanyakan ke pengurus, kerjakan secara sopan. Tidak boleh berasa jika sebagai tamu Anda dapat berbicara semaunya, karena walaupun begitu Anda ialah pendatang di lokasi itu.

Membawa Perbekalan dan Tempat Sampah

Jika Anda ingin bawa makanan sebagai perbekalan, janganlah lupa untuk bawa kantong khusus untuk simpan sampah makanan Anda. Karena Candi Penataran sebagai teritori bebas sampah, dan Anda akan dikasih peringatan keras bila buang sampah asal-asalan, apa lagi mengotori candi.

Membawa Payung dan Jaket

Untuk menghindar imbas cuaca yang dapat berbeda kapan pun, Sebaiknya anda bawa peralatan "tempur" salah satunya payung dan jaket . Maka tidak akan kehujanan, dan kedinginan saat cuaca tidak berteman. jika cuaca dingin terlampau ekstrim Anda dapat menambah sarung tangan, syal dan topi untuk menghangatkan badan.

Bolehkah Bawa Kereta Dorong Anak?

Jika Anda bawa buah kesayangan untuk berpetualang di kompleks Candi Penataran, sebaiknya membawa juga kereta dorongnya. Saat lelah jalan ia dapat istirahat sekalian meneruskan perjalanan, dan Anda akan nyaman tak perlu menggendongnya.

Mari lestarikan Candi Penataran, seperti pada halnya kita berkunjung ke objek wisata Pulau Merah Banyuwangi, dengan turut mengawasinya ketika ada disitu. Cukup ikuti panduan saat berkunjung Candi Penataran di atas, karena itu Anda menjadi masyarakat yang menghargakan warisan riwayat. Karena tempat wisata ini banyak memiliki memory masa lampau yang tetap harus ada sampai anak cucu kita kelak. Untuk Kamu masyarakat Jawa Timur yang cari rekreasi riwayat seperti candi, tak perlu jauh pergi Borobodur karena Candi Penataran dapat menjadi alternative rekreasi riwayat Kamu.

Post a Comment for "Objek Wisata Candi Penataran Blitar yang Wajid Anda Kunjungi"